Kamis, 24 Januari 2013

Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh

Berbagai Jenis Rumput Laut sangat besar manfaatnya, ada ribuan spesies dan diyakini telah muncul di bumi sekitar tiga milyar tahun yang lalu. Rumput laut atau alga sudah banyak dimanfaatkan untuk pengobatan dan makanan sehat.

Rumput Laut ataupun Alga adalah organisme tanaman sangat sederhana dan memainkan peran kunci dalam ekosistem laut atau perairan darat. Habitat alami mereka adalah air: sungai, danau dan laut. Untuk bertahan hidup, dan tunduk pada fotosintesis pada tumbuhan, yang menghasilkan oksigen yang berharga, Anda perlu eksposur yang cukup untuk mendapat manfaatnya. Anehnya, ganggang adalah organisme hidup yang menghasilkan sebagian besar oksigen di planet ini.

Seperti ditulis di atas Alga atau ganggang sangat besar manfaat, dan klasifikasi mereka adalah dengan warna dominan rumput laut (Alga laut) merah, kuning, hijau, coklat dan ada sebagian bahkan berwarna biru.
Warga Panen Rumput Laut
Kandungan dan manfaat rumput laut

Kita mengatakan bahwa jumlah zat berbeda yang membentuk "Rumput laut" atau ganggang bervariasi dengan spesies mana mereka berasal, tapi secara umum, alga yang rata-rata berlimpah yodium, kalsium, magnesium dan kalium. Pada saat yang sama ganggang memiliki kandungan serat makanan yang tinggi dengan sifat satiating dan sedikit pencahar.

Catatan penting rumput laut ditentukan oleh banyaknya jumlah cukup vitamin A, seperti beta-karoten, yang hadir dalam jumlah 20 kali lebih tinggi dari wortel. Vitamin B, bersama-sama dengan C, D dan vitamin E yang sangat baik. Unsur lain yang kita temukan dalam rumput laut, terutama di fucus Rumput laut adalah asam alginat yang memiliki sifat khusus untuk penghapusan logam berat dari tubuh.

Sifat dan manfaat Penyembuhan dari Rumput Laut

Rumput laut adalah makanan yang sangat penting bagi kesehatan kita, sangat sulit untuk menemukan makanan lain seperti rumput laut yang membebaskan dari kotoran dan racun yang menumpuk dari waktu ke waktu dalam tubuh kita.

Dan bisa dipastikan bahwa Rumput laut adalah detoksifikasi untuk hati dan bantu ginjal, membantu pencernaan dan penghapusan attravaerso limbah beracun keringat, tinja dan urin. Kehadiran asam lemak menyebabkan rumput laut juga memainkan anti-inflamasi dan karena yodium yang merangsang aktivitas tiroid, sehingga mempercepat metabolisme.

Alga atau rumput laut juga dapat dianggap sebagai makanan untuk menurunkan berat badan. Antioksidan dapat menghilangkan sisi lain "berbahaya" radikal bebas. Ganggang adalah pada saat yang sama memiliki kemampuan besar untuk melawan patogen dan dengan demikian membantu tubuh untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang, rambut dan kuku.

Dan menurut sebuah penelitian terhadap rumput laut atau Alga bisa di manfaatkan sebagai lawan dari jenis kanker tertentu, berkat adanya antioksidan di dalam rumput laut.


GIZI TERKANDUNG DAN MANFAATNYA

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan berkhasiat, berikut beberapa diantaranya:

Antikanker
Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.

Antioksidan
Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Mencegah Kardiovaskular
Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

Makanan Diet
Kandungan serat(dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.

Tabel Jenis Utama Rumput Laut dan kandunganya

Jenis Dan Nama Rumput Laut Kandungan Dan Manfaat
Rumput Laut Wakame
Protein, kalsium, yodium, magnesium
Detoksifikasi, anti koagulan, antibiotik
Rumput Laut Dulse
Protein, Vitamin A dan C, zat besi
Berguna dalam kasus anemia
Rumput Laut Kombu
Serat, mineral, asam alginat
Detoksifikasi, emolien, depurative
Rumput Laut Nori
Vitamin A, B12, protein, asam lemak
 antianemia, memperlambat penuaan
Rumput Laut Agar-Agar 
Diet serat mengenyangkan
Ini mengurangi rasa lapar, memiliki sifat tonik
Rumput Laut Hijiki 
Kalsium, kalium, besi
Mineral, penyembuhan, menguatkan email gigi
Rumput Laut Klamath Alga
Omega 3 asam lemak, antioksidan
Meningkatkan sistem kanker, kekebalan tubuh, mengurangi stres
Rumput Laut Arame 
Sangat kaya akan yodium
Direkomendasikan untuk kasus hipotiroidisme
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar